KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan
hidayahNya yang diberikan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul”PENJUALAN DONAT UBI
JALAR”.
Penyelesaian
makalah ini tidak terlepas dari bantuan teman-teman dan berbagai pihak. Oleh
karena itu, dengan rasa hormat yang mendalam penulis menyampaikan ucapan terima
kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Danar Santoso S.kom dan teman-teman yang telah membantu berpartisipasi
dalam menyelesaikan makalah.
Semoga hasil dari makalah yang telah
saya buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua baik para pembaca dan juga
generasi–generasi berikutnya maupun diri sendiri dan semoga makalah ini juga
bisa dijadikan sumber ilmu bagi kita semua. Amin.
Pontianak, 11 mei 2012
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Seiring perkembangan
pasar saat ini,usaha pembuatan donat menarik untuk ditekuni,biasanya donat
terbuat dari bahan dasar tepungterigu. Kebanyakan untuk memperoleh tepung
terigu impor terlebih dahulu.Padahal sumber daya Indonesia sangat
melimpah,misalnya ubi jalar. Ubi jalar ini dapat dibuat sebagai bahan
donat karena teksturnya yang sangatlembut dan kandungan gizinya yang baik.
Usaha donat dengan bahan yang berbeda perlu dibuat,selain untuk menambah
variasi donat dan untuk memenuhi asupan gizi,terutama bagi penderita
diabetes.Dengan alasan tersebut saya ingin membuat donat yang terbuat dariubi
jalar dan tanaman herbal, dimana kandungan ubi jalar itu sendiri adalahprotein,
lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi,karoten,
vitamin B1, B2, C, dan asam nikotinat. yang bermanfaat sebagaitonik,
menghentikan perdarahan dan mengatasi kencing manis (diabetesmellitus).Oleh
karena itu saya tertarik untuk mendirikan usaha donat ubi jalar(donat telo)
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan praktis,bergizi, enak,
berkualitas, halal dan terjangkau bagi seluruh lapisanmasyarakat. Di samping
itu usaha dagang tersebut dapat menciptakanlapangan pekerjaan bagi seseorang
yang belum memiliki pekerjaan.
Usaha
yang dimaksudkan dalam makalah ini adalah usaha makanan donat yang menggunakan
ubi jalar yaitu tanaman herbal yang baik bagi kesehatantanpa menggunakan bahan
kimia dalam pembuatannya. Oleh karena itu,kami akan berusaha dan tetap optimis
dengan produk yang akan kamiproduksi untuk dijual dimasyarakat dan akan laku di
pasaran. Dengan usaha yang dimulai dengan sederhana ini, apabila kamiberhasil
memasarkan dan usaha yang kami dirikan berkembang dan dikenaloleh masyarakat
luas, maka untuk meningkatkan kemajuan dari produk kamiselanjutnya kami akan
menambah proses produksi dan meningkatkankualitas dari produk kami sehingga
dapat didistribusikan ke seluruh daerahdi Indonesia.
B. MASALAH PENJUALAN
- Pengertian penjualan?
- Bagaimana cara pembuatan donat ubi jalar?
- Bagaimana tingkat modal pembuatan donat ubi jalar?
- Bagaimana penjualan donat ubi jalar agar pelanggan tetap tertarik untuk menkonsumsinya?
C. TUJUAN PENJUALAN
Tujuan pendirian usaha donat telo ini
adalah sebagai berikut :
- Menciptakan lapangan kerja bagi orang – orang yang tidak memilikipekerjaan sehingga turut mengurangi jumlah pengangguran
- Memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan praktis, bergizi enak,berkualitas, halal dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.
- Meningkatkan nilai gizi donat dengan menggunakan ubi jalar yang kayaakan vitamin A, antocyanin dan antioksidan
- Mensejahterakan pekerja, dengan cara memberikan tips, uang lembur,upah yang layak, sehingga taraf hidup yang layak sebagai buruh dapatterpenuhi.
- Memperoleh keuntungan dari hasil penjualan produk kami sehinggadapat terus berjalan dan memiliki kualitas produk makanan yang baik dan dapat diunggulkan serta dibanggakan
D. MANFAAT PENJUALAN
1.
bagi penjual
Untuk menciptakan lapangan perkerjaan sehingga memperoleh
keuntungan ,Membuka lapangan pekerjaan bagi dan mengurangi jumlah pengangguran,Memperoleh
keuntungan dengan penjualan donat ubi jalar (donat telo),Memberikan pelayanan
yang memuaskan sehingga pelanggan menjadipuas dengan hasil produk kami,Mensejahterakan
pekerja dengan cara memberikan tips, bonus, uanglembur, uang layak, sehingga
taraf hidup bisa terpenuhi.
2.
Bagi pembeli
Donat bermanfat bagi
pembeli karena dengan haraga nya yang terjangkau dan praktis serta donat ini
mudah di dapat atau dibeli dimana saja.donat juga memiliki aneka rasa yang
membuat pembeli dengan mudah memilih rasa mana yang mereka sukai.selain itu
donat juga mengandung berbagai serat yang beguna untuk penganti beras serta
membantu pertumbuhan bagi manusia.mengkosumsi donat tidak hanya merupakan
makanan ringan atau penganti nasi tetapi juga dapat menyehat kan badan karna
didalam donat tersebut mengandung berbagai vitamin dan mineral atau karbohidrat
yang terdapat pada gandum dan ubi jalar tersebut.
BAB11
PEMBAHASAN
PROFIL
USAHA
Nama Usaha : Donat Ubi Jalar (Donat
Telo)
Pemilik Perusahaan : FUAD QODIRIYANTI
Bentuk Perusahaan : Industri Perumahan
Bidang Usaha : Produksi Makanan
Tempat / Lokasi Usaha : Jl. Basuki
Rahmad Kec. Bojonegoro
Jumlah Tenaga Kerja : 6 orang
A. Pengertian Penjualan
Penjualan adalah suatu
usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan
pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan
yang menghasilkan laba (Marwan, 1991).
Penjualan
merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat di peroleh
laba serta usaha memikat konsumen yang di usahakan untuk mengetahui daya tarik
mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasilkan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan
penjualan :
- kondisi dan kemampuan penjual.
Transaksi jual beli atau pemindahan hak
milik secara komersial atas barang dan jasa itu prinsipnya melibatkan dua
pihak, yaitu penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua .
- kondisi Pasar.
Pasar, sebagai kelompok pembeli atau
pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan
penjualannya.
Factor-faktor kondisi pasar :
a.
jenis pasarnya
b.
kelompok pembeli atau segmen pasarnya
c.
daya belinya
d.
frekuensi pembelian
e.
keinginan dan kebutuhan
- Modal
Akan lebih sulit bagi penjualan
barangnya apabila barang yang di jual tersebut belum dikenal oleh calon
pembeli, atau apabila lokasi pembeli jauh dari tempat penjual.untuk
melaksanakan maksud tersebut diperlukan adanya saran serta usaha.
- Kondisi Organisasi Perusahaan
Pada perusahaan besar biasanya masalah
penjualan ini di tangani oleh bagian tersendiri (bagian penjualan ) yang
dipegang orang-orang tertentu.
- faktor lain.
Faktor-faktor lain seperti periklanan,
peragaan, kampanye, pemberian hadiah, sering mempengaruhi penjualan.
- Pembuatan Donat Ubi Jalar
- Bahan1.
a)
Terigu protein tinggi2.
b)
Ubi kuning kukus3.
c)
Ragi4.
d)
Telur5.
e)
Mentega6.
f)
Gula pasir7.
g)
Garam
- Alat1.
a)
Kompor gas 1
tungku + tabung gas + isi2.
b)
Mixer3.
c)
Loyang roti ukuran 40 x 60 cm4.
d)
Wajan besar
e)
Timbangan + gelas
takar6.
f)
Baskom
plastik c.
- Pembuatan1.
a)
Kukus ubi samapai matang, dibuat pasta
dengan cara dihaluskan
b)
Dalam wadah, campur tepung terigu, gula,
ragi instant, aduk rata,masukkan ubi halus dan kuning telur, uleni hingga rata
dan setengahkalis.Masukkan garam dan air sedikit demi sedikit hingga menjadiadonan yang kalis.
c)
Beri mentega dan garam, uleni terus
hingga kalis elastis. Istirahatkan15 menit.
d)
Bagi adonan, masing-masing 50 gr,
bulatkan. Diamkan 20 menit,hingga mengembang
e)
Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat,
segera goreng sampaikuning kecoklatan.
f)
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat,
atau hias dengan coklat
- Tingkat Modal Pembuatan ubi jalar
- Sumber Permasalahan Modal Usaha
- Pemasukan yang kami peroleh adalah sebagai berikut :
- Modal pribadi Rp. 6.000.000,-
- Pinjaman bank Rp. 4.000.000,-
Jumlah Rp.
10.000.000,-
- Pengeluaran Pemakaian Modal Usaha
· Pengeluaran
Pra Operasional Perusahaan
Pembelian
Bahan Produk
Bahan
Pokok Rp. 1.500.000,-
Bahan
Tambahan Rp.
184.000,-
Peralatan
Rp.
3.606.000,-
Jumlah
Rp.
6.290.000,-
- Jumlah sisa saldo Rp. 3.710.000,-
- Gaji karyawan :
Direktur Rp.
900.000,-
Staff Keuangan ( Pekerja bagian dalam ) Rp. 450.000,-
Staff Operasional ( Pekerja lapangan ) Rp. 450.000,-
Jumlah
Rp. 1.800.000,-
- Biaya tak terduga
- Insentive karyawan
1 karyawan Rp. 3.000,- / hari
3 orang karyawan 3 x Rp.
3.000,- = Rp. 9.000
1 bulan = Rp. 9.000 x 30 Rp. 270.000,-
Jumlah
Rp.
2.670.000,-
- BUNGA BANKRp. 4.000.000 * 1 % Rp. 40.000,-
- Angsuran Bank Rp. 4.000.000,-/ 12 bulan Rp. 480.000,-
- Jadi angsuran bunga bank 12 bulan Rp. 520.000,-
Jumlah
pengeluaran perbulan Rp.
3.710.000,-
- LABA BERSIH PER BULAN
- Jumlah keuntungan/bln Rp. 250.000 x 30 hari Rp. 7.500.000,-
- Pengeluaran per bulan Rp. 3.710.000,-
Laba
bersih perbulan Rp.
3.790.000,
- PENCAPAIAN BEP
- Jumlah modal yang masuk Rp. 10.000.000,-
- Laba bersih Rp. 3.790.000,-
- Uang mencapai BEP atau balik modal adalah :
- Angka waktu = modal usaha / laba bersih
= Rp. 10.000.000,-/Rp.3.790.000,- = 3 bulan
E. Cara Penjualan Donat Ubi Jalar Agar
Pelanggan Tetap Tertarik Untuk Menkonsumsinya
Cara penjualan
dobat ubi jalar ini menggunakan penjualan langsung
Penjualan
Langsung) adalah :
Metode
penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara tatap muka
di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh
Mitra Usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan dan iuran
keanggotaan yang wajar.
a)
·Single Level Marketing (Pemasaran Satu Tingkat), maksudnya adalah : Metode pemasaran
barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran
berbentuk satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan
bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya
sendiri.
b)
Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat),
maksudnya adalah : Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan
Langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana
mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil
penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan
di dalam kelompoknya.
BAB 111
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Pengelohan ubi menjadi
donat ubi (donat telo) melalui beberapaproses yaitu proses pengukusan ubi,
pengupasan, penumbukan, pembuatandonat, fermerntasi pertama,pembentukan
bola-bola, fermentasi keduapencetakan donat, fermentasi ketiga penggorengan,
pengolesan topping,dan pemasaran.Pemasaran
donat ubi menjadi dua jalur,yaitu secara langsung dantidak langsung. Kegiatan
pemasaran secara langsung berarti menjual produk langsung kepada konsumen,
tanpa melalui jasa perantara.Sedangkan kegiatan pemasaran secara langsung yaitu
produk tidak langsung dijual kepada konsumen, melainkan melalui jalur
pengecerterlebih dahulu.Usaha donat ubi ini dapat dijadikan usaha alternatif
bagimasyarakat, khususnya di daerah yang banyak terdapat ubi jalar.
Pengaruhekonomis yang ditimbulkan adalah pengolahan ubi menjadi donat
ubimemiliki keuntungan yang lebih tinggi dari pada pengolahan yang pada umumnya
dilakukan.
B.SARAN
Perbaharui dan perbaiki
kualitas dari donat telo buatan yang saya buat.Untuk mengetahui kualitas rasa
dari donat telo, saya dapat membagisampel kepada teman atau saudara tedekat
untuk memperoleh reaksimereka terhadap produk saya. Setelah itu saya perbaiki
agar sesuai dengankeinginan mereka.2.
Perlu dipikirkan juga outlet penjualan,
apakah saya berencana membukatoko atau bekerjasama dengan pihak lain.
DAFTAR PUSTAKA
apli-blog.blogspot.com/2007/12/pengertian-direct-selling.html
http://www.scribd.com/doc/91949402/proposal-kewirausahaan-donat-telo
blogspot.com/2010/10/tugas-makalah-pemasaran-vs-penjualan.html
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami
BalasHapusLegendaPelangi.com
Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^
Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
-BBM : 2AE190C9
-Loginsite : Legendapelangi.com
Please tell me how to download the books....
BalasHapus